Lor Kidul Wetan Kulon vs Kanan Kiri Depan Belakang

Waktu saya baru pertama kali kerja di LHI Surabaya, saya bingung dengan cara orang-orang sini nentuin arah/arah gerak. Misal ketika ingin menggerakkan crane mereka bilangnya ngilor atau ngidul atau ngetan atau ngulon. Saya yang bukan orang Jawa tentu bingung dan gak ngeh apa maksudnya. Setelah nanya-nanya ternyata itu maksudnya arah mata angin. Ngilor berarti ke arah lor atau utara. Ngidul berarti ke arah kidul atau selatan. Ngetan berarti ke arah wetan atau timur. Ngulon berarti ke arah kulon atau barat.

Saya mikir lagi kenapa arah geraknya pake arah mata angin bukan kanan kiri depan belakang. Ternyata cara ini malah lebih efektif karena arah mata angin itu sudah pasti dari sudut pandang siapapun. Nah sekarang coba misalnya pake kiri, kirinya siapa kirinya saya atau kirinya dia atau kirinya kamu. Kalau pake ngetan misalnya, arah wetan atau timur sudah pasti bukan. Semua orang kalau ditanya arah timur pasti nunjuk ke arah matahari terbit.

Memang cara penamaan arah/arah gerak seperti ini agak sulit bagi yang tidak terbiasa. Tapi bila sudah terbiasa anda akan terbebas dari kebingungan “kanannya siapa, kamu saya atau dia?” 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *